Selasa, 01 Mei 2012

GALAU nya Seorang Perantau

Salam 'Alaikum,
Apa kabar para blogger mania malam ini?
malam ini Surabaya tidak seperti biasanya dingin, biasanya malam-malam gini berasa pengap di kosan. Pengap karena kosanku di daerah kosan padat penduduk, maklumlah kan daerah kos-kosan anak kuliah udah pasti kosan padat merayap (red, ALAY).

Malam ini saya berpendapat bahwasanya kualitas seorang mahasiswa tidaklah di ukur apakah mahasiswa tersebut kuliah di kampus besar (red, ITS Surabaya) maka mahasiswa tersebut akan mendapatkan masa depan yang cerah. Kampus yang besar dan terkenal bukanlah jaminan masa depan seorang mahasiswa akan secemerlang nama besar kampusnya tersebut. Tetapi masa depan seorang mahasiswa di tentukan langsung oleh individu mahasiswa tersebut untuk mencerahkan masa depannya sendiri. Dengan kata lain bahwa masa depan tidak ditentukan oleh dimana tempat Dia menuntut ilmu (berkuliah).

Pertama kali saya melangkahkan kaki di Surabaya pada tanggal 10 Juni 2007, dan sekarang ini tepat pukul 00.05 WIB tanggal 1 Mei 2012 yang bdrarti bahwa saya sudah hampir 5 tahun di Surabaya. Waktu 5 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk membentuk karakter kepribadian individu agar menjadi lebih matang lagi. Sudah hampir 5 tahun saya menghabiskan waktu di ITS Surabaya. Kampus ITS Surabaya yang di juluki sebagai kampus perjuangan karena menggunakan kata 10 Nopember dalam redaksi kepanjangan nama kampus yang merupakan tanggal dimana diperingatinya Hari Pahlawan yang menjadi hari paling bersejarah yang terjadi di kota Surabaya. Semoga semangat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan RI dari penjajah dapat tercerminkan dalam setiap individu mahasiswa ITS (AMIIN YAA ALLAH).

Mungkin ada yang bertanya kok kuliah sudah 5 tahun tapi belum lulus-lulus juga, yah begitulah kawan. Waktu 5 tahun itu terdiri dari 1 tahun matrikulasi dan sisanya sekarang udah hampir 4 tahun (8 semester) menjalani masa perkuliahan reguler di ITS. Saya masuk ITS tahun 2007 dan selama 1 tahun saya menjalani masa matrikulasi yang dimana matrikulasi tersebut hanya di berlakukan bagi mahasiswa beasiswa seperti beasiswa yang saya dapatkan sekarang. Sehingga saya baru dapat menjalankan masa perkuliahan reguler pada hitungan semester 1 itu pada tahun 2008 dan sekarang bulan Mei 2012 saya sudah masuk pada semester akhir di ITS Surabaya. Doakan semoga semester ini saya dapat menyelesaikan Tugas Akhir (Skripsi) dengan baik dan segera mengenakan toga kebanggaan. Kayaknya sekarang saya lagi bingung banget mau mengangkat judul Tugas Akhir yang cocok. Saya terjebak dalam 4 judul Tugas Akhir yang ingin saya angkat, yaitu:
  1. Pemantauan Keberhasilan Terumbu Karang Buatan (Artificial Coral Reefs) Fish Homes di Perairan Teluk Tomini, Sulawesi Tengah
  2. Analisis Kerusakan Stomata Sebagai Bioindikator Penentuan Kualitas Udara Perkotaan di Kota Palu, Sulawesi Tengah
  3. Struktur Komunitas Biota Benthik dan Kaitannya Dengan Karakteristik Sedimen di Danau Lindu, Sulawesi Tengah
  4. Analisis Vegetasi Komunitas Mangrove dan Komunitas Makrozoobenthos di Kabupaten Ampana, Sulawesi Tengah
Kalau dilihat dari judul Tugas Akhir-ku, semua objek lokasi penelitian dilakukan di Sulawesi Tengah. Mungkin terkesan terlihat aneh apabila ada mahasiswa ITS yang melakukan suatu penelitian Tugas Akhir sampai sejauh itu. Menurutku itu tidak jauh, karena sekalian melakukan penelitian Tugas Akhir dan juga bisa pulang ke kampung halaman. Semoga saya bisa menyelesaikan sisa masa kuliah di semester 8 ini dengan sebaik-baiknya dan tepat waktu. Amiin Yaa ALLAH #PRAY

Salim Bachmid
Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya
Menteri Dalam Negeri BEM FMIPA ITS Surabaya 2010/2011
Penerima Beasiswa Nasional KEMENAG RI-ITS Surabaya (2007-sekarang)
Alumni Young Leaders Summit 2011 on Changing Indonesia
Observer Indonesian Young Changemakers Summit (IYCS) 2012
Pendiri dan Presiden Indonesian Young Heroes (IYH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar