Selasa, 13 Maret 2012

Kampus EXPO Sulawesi Tengah

Salam Alaikum
Apa kbar teman-teman HMPST Bandung?
Semoga sehat selalu, AMIIN
Tulisan di blogku ini saya khususkan untuk teman-teman HMPST Bandung, silahkan di komentari tentang usulanku ini. Sebelumnya saya mau mengucapkan selamat atas pelantikan Pengurus HMPST Bandung yang di selenggarakan akhir februari kemarin. Semoga bisa bermanfaat bagi daerah kita Sulawesi Tengah.
Saya punya usulan buat teman-teman HMPST Bandung, saya terpikir untuk mengadakan suatu pameran perguruan tinggi di Sulawesi Tengah. Kegiatan pameran semacam KAMPUS EXPO SULAWESI TENGAH. Kampus Expo merupakan kegiatan pameran publikasi perguruan-perguruan tinggi di Indonesia di sekolah-sekolah SMA yang ada di Sulawesi Tengah dengan harapan agar siswa/siswi SMA mendapatkan informasi yang memadai tentang perguruan tinggi yang cocok dengan bidang minatnya. Perguruan tinggi yang saya maksud yaitu bisa berupa Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi dan lain sebagainya. Diacara Kampus Expo itu kita membuka stand event untuk masing-masing perguruan tinggi tempat kita kuliah. Saya yakin kalau kegiatan ini merupakan kegiatan yang belum pernah ada di Sulawesi Tengah. Sebenarnya kegiatan ini sudah saya rencanakan sejak 3 tahun yang lalu, cuma saya tidak tahu akan bekerja sama dengan siapa?.
Ada beberapa latar belakang yang membuat saya ingin mengadakan kegiatan Kampus Expo ini:
  1. Harus diakui bahwa perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Tengah, entah itu PTN maupun PTS belum mampu secara utuh menjawab kebutuhan Sulawesi Tengah. Oleh karena itu harus banyak putra-putri daerah yang melanjutkan studinya di luar Sulawesi Tengah.
  2. Sebenarnya banyak dari pelajar Sulawesi Tengah yang ketika mereka lulus SMA, mereka ingin melanjutkan kuliah di luar Sulawesi Tengah. Tetapi karena keterbatasan informasi tentang perguruan tinggi tersebut, maka mereka lebih memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Sulawesi Tengah saja.
  3. Terlepas dari siswa/siswi SMA tersebut akan melanjutkan kuliahnya di luar Sulawesi Tengah atau tidak. Paling tidak kegiatan Kampus Expo ini bisa sebagai sarana penyalur informasi tentang jurusan-jurusan yang cocok dengan bidang minat mereka. Sehingga mereka dapat memilih jurusan yang cocok dengan menyesuaikan dengan jurusan di perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Tengah.
  4. Saya yakin melalui kegiatan Kampus Expo ini dapat mengetuk hati PEMDA Sulawesi Tengah untuk memberikan beasiswa putra/putri daerah terbaik Sulawesi Tengah untuk melanjutkan studi mereka di perguruan tinggi berkualitas di Indonesia demi terwujudnya peningkatan mutu SDM Sulawesi Tengah dan percepatan pembangunan daerah Sulawesi Tengah itu sendiri.
Saya yakin kalau kita bisa melaksanakan kegiatan Kampus Expo Sulawesi Tengah ini. Kita punya kekuatan berupa nilai jual yang besar untuk melakukan kegiatan ini karena kita terdiri dari mahasiswa/wi yang menempuh kuliah di perguruan tinggi terkenal di Indonesia. Banyak diantara kita yang kuliah di ITS Surabaya, ITB Bandung, ITT Telkom, IMT Telkom, STKS, UNPAD, UPI, dan masih banyak lagi perguruan tinggi lainnnya di Indonesia. Saya yakin kegiatan ini akan dapat memberikan daya tarik yang besar di mata sekolah-sekolah SMA di Sulawesi Tengah.
Sekedar info buat teman-teman HMPST Bandung. Minggu lalu jurusan saya (Biologi Kelautan ITS) mengadakan Olimpiade Biologi Nasional, dan olimpiade tersebut juga di ikuti oleh SMP dan SMA Al-Azhar Palu. Dan setelah dilakukan tes, ternyata SMP dan SMA Al-Azhar Palu mampu mengirimkan wakilnya masing-masing 1 orang SMP dan 1 orang SMA masuk dalam babak final Olimpiade Biologi Nasional yang terdiri dari 20 besar nasional. Hal tersebut sebagai tanda bahwa sebenarnya Sulawesi Tengah punya potensi, dan potensi tersebut harus terus digali. Ketika babak Final tersebut saya bertemu dengan guru pendamping dari Al-Azhar dan saya menyampaikan keinginan saya ini untuk melakukan kegiatan Kampus Expo Sulawesi Tengah. Tujuan saya menyampaikan keinginan saya ini untuk mengetahui seberapa besar animo ataupun rasa kebutuhan sekolah SMA tentang kegiatan Kampus Expo ini. Ternyata guru pendamping menyambut baik dan menjawab kalau kegiatan Kampus Expo akan dilaksanakan, SMA Al-Azhar siap di jadikan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Kampus Expo tersebut. Sebenarnya dari jawaban guru diatas dapat disimpulkan bahwa, SMA-SMA di Sulawesi Tengah sangat membutuhkan kegiatan-kegiatan positif seperti ini.
Kalau memang teman-teman HMPST Bandung tertarik untuk bersama-sama melakukan kegiatan ini, saya sangat senang sekali. Semoga apa yang kita rencana dapat membawa suatu perubahan positif bagi daerah kita Sulawesi Tengah. Sebagai putar/putri daerah sudah seharusnya kita melakukan suatu inovasi untuk membangun daerah kita.

KALAU BUKAN ANAK DAERAH YANG MEMBANGUN DAERAHNYA, SIAPA LAGI???

Salim Bachmid
Biologi Kelautan 2007 ITS Surabaya
Menteri Dalam Negeri BEM ITS Surabaya 2010/2011
Penerima Beasiswa Prestasi Nasional KEMENAG RI
President of Indonesian Young Heroes
Alumni Young Leaders Summit 2011 on Changing Indonesia
Observer Indonesian Young Changemakers Summit (IYCS) 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar