Rabu, 23 Februari 2011

Wisata Kuliner Khas Sulawesi Tengah

Sajian Sese Gampaya dipadu dengan ikan Bayaba Bakar Kuliner Kaili Sulawesi Tengah

  • Bahan: Bunga pepaya segar, daun paku muda, 250 cc santan kelapa, garam secukupnya, juga dihaluskan 10 buah cabe rawit, 2 buah lombok keriting, 1 ons kemiri, 5 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 ruas jahe.
  • Cara membuat : Bunga pepaya direbus, daun paku direbus masukkan garam, bila bunga pepaya dan daun paku sudah layu angkat dan tiriskan, bumbu ditumis dengan sedikit minyak kelapa, tuangkan santan sambil diaduk-aduk, bila santan sudah mengeluarkan sedikit minyak masukkan bunga pepaya dan daun paku sambil terus diaduk, angkat dan siap disajikan.
  • Ikan Bayaba segar dibakar, berikan sambal rica yg telah jadi secukupnya. Sajikan bersama Sese Gampaya.




Uta Kelo/Sayur Kelor Khas Kaili
Uta Kelo/sayur kelor adalah sayur khas tanah Kaili (Palu - Sulawesi Tengah), sesuai namanya sayur ini dibuat dari bahan utama daun kelor (Moringa sp.) dimasak santan dengan beberapa bahan tambahan lainnya (pisang gepok mentah, jantung pisang, udang kering) serta dibumbuhi sesuai selera. Kota Palu sangat identik dengan sayur ini, sayur yang sangat merakyat di Kota Palu dan sekitarnya; narasa uta kelo ante duo sole, silahkan mencobanya dengan hidangan Nasi Jagung (talebe) dan ikan bakar.




Kaledo-Makanan Khas Palu

Jangan mengaku pernah menginjakkan kaki di Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu, jika Anda belum mencicipi kaledo. Masakan khas Sulawesi Tengah ini termasuk jenis masakan berkuah bening agak kekuning-kuningan dengan rasa yang sangat khas, yakni asem gurih dan pedas. Pada awalnya, masakan ini hanya berbahan baku tulang kaki sapi dengan sedikit dagingnya. Namun, karena penjual kaledo semakin banyak, sehingga tulang kaki sapi semakin sulit didapatkan. Untuk menggantikan tulang kaki tersebut, maka tulang belakang sapi pun disertakan sebagai tambahan bahan utama.


Sumber : http://www.disbudpar.sulteng.go.id/

Salim Bachmid
1508 100 703
Menteri Dalam Negeri BEM ITS Surabaya 2010/2011
Penerima Beasiswa Prestasi Nasional KEMENAG RI 2007-sekarang
Alumni Young Leaders Summit (YLS) 2011 on Changing Indonesia
Observer Indonesian Young Changemakers Summit (IYCS) 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar