Jumat, 02 Maret 2012

Sekilas Perjalananku di Indonesian Young Changemakers Summit (IYCS) 2012

kembali lagi bersama saya wahai blogger mania
kali ini saya akan berbagi cerita tentang perjalananku dalam konferensi pemuda Indonesian Young Changemakers Summit (IYCS) 2012 di Bandung, Jawa Barat. Pendaftaran IYCS 2012 di bagi dalam 3 batch, dan AlhamduliLLAH setelah saya mendaftar dan saya dinyatakan lolos dalam batch 1. Kuota tiap batch berbeda-beda, batch 1 sebanyak 30 observer, batch 2 sebanyak 40 observer dan batch 3 sebanyak 40 observer dengan jumlah 100 observer. Saya dinyatakan lolos sebagai Observer asal Sulawesi Tengah bersama denga teman saya Ragwan Alaydrus. Ragwan mahasiswa asal Sulawesi Tengah yang sedang melanjutkan studi S1 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Walaupun jumlah Observer Sulawesi Tengah termasuk jumlah yang minoritas tapi tidak mengurangi semangat saya untuk terus berkarya. Untuk bisa menjadi observer di IYCS 2012, kita harus sudah melakukan suatu social project di lingkungan. Dan social project yang sudah saya lakukan adalah mengenai "Pemberdayaan dan Peningkatan Mutu Pondok Pesantren". Kegiatan tersebut saya lakukan setiap tahunnya bersama-sama dengan teman ITS Surabaya lainnya setiap tahunnya. Kegiatan tersebut saya mulai dari tahun 2007 sampai sekarang di berbagai pondok pesantren di sekitar Jawa-Bali. Dimulai pada desember 2007 di Bandung Jawa Barat, lanjut pada desember 2008 di Pondok Pesantren Al-hikmah Brebes Jawa Tengah, kemudian pada januari 2010 di Pondok Pesantren Al-yasini Pasuruan Jawa Timur, lalu pada awal Februari 2011 di Jembrana Bali (saya lupa nama pondok pesantrennya), yang terakhir dan belum lama ini saya lakukan yaitu di Pondok Pesantren Nurul Ummah Pacet Mojokerto Jawa Timur. AlhamduliLLAH melalui social project itu sangat membantu pihak pondok pesantren tersebut. Banyak hal positif yang pondok pesantren rasakan atas kedatangan kami.

Kembali lagi ke IYCS 2012

Walaupun sempat ketinggalan kereta api, AlhamduliLLAH saya masih dapat tiket kereta api keesokan harinya.
Saya sampai di Bandung jam 8 malam dan saya sudah tidak sempat ikut dalam acara Opening Ceremony IYCS 2012. Keesokan harinya, acara IYCS 2012 diawali dengan olahraga pagi bersama dengan Pak Dahlan Iskan (Menteri BUMN RI) di Sasana Olahraga Ganesha (SARAGA) Bandung, kemudian dilanjutkan dengan acara di Gedung Merdeka dan Museum Konferensi Asia Afrika (MKAA) Bandung. Diawali dengan Road to MKAA di pandu oleh Volunteer MKAA, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oelh tokoh-tokoh nasional maupun internasional.
Sambutan pertama diawali oleh Goris Mustakim (Ketua Panitia IYCS 2012), lalu video keynote speech dari Prof. Mohammad Yunus asal Bangladessh (Peraih Nobel Perdamaian dari Bangladesh dan Pendiri Grameen Bank), lalu futurolog speech dari Pak Anies Baswedan (Rektor Universitas Paramadina Jakarta dan Pendiri Gerakan Indonesia Mengajar). Diakhir acara sambutan-sambutan tersebut, saya dipilih untuk mewakili observer untuk berfoto bersama dengan tokokh-tokoh nasional tersebut.

Teman-teman blogger, sampai disini dulu cerita saya. Saya mau siap-siap sholat Jum'at dulu, nanti saya sambung lagi teman-teman blogger :)
KEEP MOTIVATION FRIENDS

Salim Bachmid
1508100703
Menteri Dalam Negeri BEM FMIPA ITS Surabaya 2010/2011
Alumni Young Leaders Summit 2011
Observer Indonesian Young Changemakers Summit 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar